Pengguna seringkali mengalami masalah pada user yang digunakan sehingga menyebabkan tidak bisa login ke Windows 10 atau bisa login namun user yang digunakan berubah menjadi user temporary yang bernama TEMP.DESKTOP. Kedua masalah ini sudah pernah kami bahas sebelumnya dan sudah kami berikan beberapa solusi untuk mengatasinya.
Satu lagi error yang cukup umum adalah pengguna tetap bisa masuk ke desktop namun tidak bisa menggunakan user yang biasa digunakan disertai dengan pesan error pop up yang berbunyi “We can’t sign into your account”. Jika ini adalah masalah yang sedang Anda hadapi, berikut ini kami berikan beberapa tips untuk mengatasinya.
Daftar isi
Cara mengatasi We can’t sign into your account di Windows 10
Untuk melakukan perbaikan maka kita membutuhkan akun lain dengan akses administrator untuk bisa masuk ke desktop. Jika kondisinya Anda memiliki dua akun, maka bisa logout dan masuk dengan akun yang satu lagi. Namun jika Anda hanya memiliki satu aku maka kita harus membuat sebuah akun baru melalui Safe Mode.
Silakan masuk ke Safe Mode dengan mengikut langkah-langkah berikut ini:
- Masuk ke Settings dengan cara menekan tombol Windows+i
- Pilih menu Update & Security
- Pada tab sebelah kiri klik menu Recovery
- Pada jendela sebelah kanan di bawah menu Advanced startup klik tombol Restart now
- Tunggu hingga komputer restart
- Anda akan masuk ke halaman WinRE
- Pilih menu Troubleshoot > Advanced options > Startup settings > klik tombol Restart
- Komputer akan restart dan kembali ke halaman yang sama
- Tekan tombol F4 untuk masuk ke Safe Mode
- Tekan tombol F5 untuk masuk ke Safe Mode with Networking (internet hidup)
- Tekan tombol F6 untuk masuk ke Safe Mode with Command Prompt (mode cmd)
Setelah berhasil masuk ke Safe Mode, silakan buat sebuah user baru dengan akses administrator, kemudian lakukan langkah-langkah perbaikan di bawah ini.
1. Mengubah pengaturan di System Registry
1. Buka program Registry Editor dengan akses administrator, caranya dengan klik pada Start menu atau Search bar kemudian ketik: regedit > pada menu yang muncul pilih Run as administrator.
2. Pada program Registry Editor, masuk ke direktori berikut ini:
HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows NT\CurrentVersion\ProfileList
3. Di dalam folder ProfileList akan terdapat beberapa folder lain yang merupakan folder registry user yang ada di komputer Anda.
4. Buka satu per satu folder tersebut kemudian perhatikan key yang ada di jendela sebelah kanan, temukan folder yang memiliki key bernama RefCount
5. Klik dua kali pada key RefCount kemudian pada kolom Value data ubah nilainya menjadi 0 lalu klik OK.
Sekarang silakan tutup semua jendela pengaturan, kemudian jalankan update dengan cara masuk ke Settings > Update & Security > Windows Update > Check for update.
Tunggu hingga proses update selesai, setelah itu restart komputer Anda. Setelah menyala kembali maka Anda akan bisa login kembali ke user asli Anda yang lama.
2. Matikan antivirus pihak ketiga
Salah satu alasan mengapa masalah ini terjadi dan mencegah Anda mengakses profil Anda adalah kesalahan konfigurasi dan konflik dengan perangkat lunak antivirus pihak ketiga yang diinstal pada komputer. Perlu diketahui jika semua antivirus akan melakukan monitoring pada PC Anda secara terus menerus (real-time) dan mencoba untuk memblokir aktivitas yang mencurigakan. Terkadang antivirus juga bisa salah deteksi (false positif) yang justru menyebabkan masalah.
False positif antivirus inilah yang mungkin menyebabkan akses ke profil Anda menjadi terblokir sehingga muncul pesan error We can’t sign into your account. Untuk mengatasinya maka Anda dapat menonaktifkan antivirus untuk sementara atau menghapusnya. Jika masalah hilang setelah antivirus dimatikan maka bisa disimpulkan jika program tersebutlah yang menjadi sumber masalahnya.
3. Gunakan akun lokal (local user)
Local user merupakan user offline yang bisa dibuat oleh pengguna tanpa menggunakan email atau akun Microsoft. Ini merupakan solusi yang efektif jika menggunakan akun Microsoft selalu menimbulkan masalah We can’t sign into your account. Local user bisa dibuat dengan mudah tanpa harus menghubungkannya ke email Microsoft.
Ikuti langkah-langkah berikut ini:
- Masuk ke menu Settings Windows 10 dengan cara menekan tombol Windows+i
- Pilih menu Accounts
- Pilih Family & other users
- Pada bagian Other user klik tombol Add someone else to this PC
- Pada jendela selanjutnya pilih I don’t have this person’s sign-in information
- Pilih Add a user without a Microsoft account
- Masukkan username dan password sesuai keinginan setelah itu klik tombol Next
Setelah berhasil membuat local user, selanjutnya Anda bisa memindahkan data-data dari user lama yang bermasalah ke user yang baru. Data user lama ada di direktori C:/Users/<nama user>
4. Mengaktifkan built-in administrator untuk memindahkan data dari user lama
Apabila dengan menggunakan local user tidak bisa memindahkan data-data dari user lama, maka solusinya adalah dengan mengaktifkan administrator Windows 10 (super admin), ini merupakan user dengan akses tertinggi yang ada di sistem operasi Windows. Untuk mengaktifkannya bisa dilakukan melalui program Command Prompt.
Ikuti langkah-langkah berikut ini:
- Klik tombol Windows atau Search bar
- Ketik perintah: cmd
- Program Command Prompt akan muncul kemudian pilih Run as administrator yang ada di sebelah kanan
- Pada program Command Prompt ketik perintah berikut ini: net user administrator /active:yes
- Logout dari user yang sekarang, caranya klik tombol Windows > klik icon user > pilih Sign out
- Pada halaman login screen Anda akan melihat user bernama Administrator di kiri bawah layar
- Klik pada user Administrator tersebut untuk login ke desktop
5. Memperbaiki file sistem yang rusak
Salah satu sumber masalah yang mungkin menyebabkan error We can’t sign into your account di komputer Anda adalah kerusakan file sistem. Meskipun komputer terlihat berjalan normal, terkadang kerusakan file sistem terjadi tanpa Anda sadari. Untuk bisa mengetahuinya dan memperbaikinya kita bisa memanfaatkan sebuah tool yang bernama System File Checker yang ada di Windows 10.
Ikuti langkah-langkah berikut ini:
- Buka Command Prompt dengan akses administrator
- Ketik perintah: sfc /scannow
- Tekan Enter
- Tunggu hingga proses scan selesai 100%
- Keterangan error dan perbaikannya akan terlihat pada CMD
6. Restore PC dengan System Restore
System Restore Point merupakan fitur backup yang ada di sistem operasi Windows. Apabila Windows 10 Anda sudah mengaktifkan System Restore dan rutin membuat backup maka Anda bisa menggunakannya untuk mengatasi masalah ini. System Restore akan mengembalikan kondisi Windows Anda ke kondisi normal sebelumnya pada saat backup dibuat.
Ikuti langkah-langkah berikut ini:
- Buka Control Panel
- Pada mode View by pilih Small icons
- Klik pada menu Recovery
- Pilih Open System Restore
- Di sana akan terlihat restore point atau backup yang tersedia
- Pilih restore point dengan tanggal yang paling baru
- Klik tombol Next
- Ikuti prosesnya hingga selesai
7. Update Windows
Jangan lupakan tips sederhana ini karena terkadang melakukan update Windows bisa menyelesaikan berbagai masalah, terutama yang disebabkan karena bug. Melakukan update memastikan komputer Anda mendapatkan patch perbaikan untuk bug yang ada pada versi sebelumnya.
Ikuti langkah-langkah berikut ini:
- Pastikan komputer terhubung ke internet
- Klik tombol Start lalu klik Settings (icon gear)
- Pilih menu Update & Security
- Pada jendela sebelah kanan klik tombol Check for updates / Download
- Tunggu hingga proses update selesai
Itulah beberapa tips yang bisa kami berikan untuk mengatasi masalah We can’t sign into your account di Windows 10. Semoga bisa membantu. Jika masih belum berhasil atau ada yang ingin ditanyakan, silakan tuliskan di kolom komentar yang sudah kami sediakan.
Pada saat safe mode bagaimana cara membuat akun barunya?