Ada dua jenis user di Windows 10 yang bisa Anda pakai yaitu Administrator dan Standard User. Pada tutorial kali ini Winpreso akan berikan panduan bagaimana cara membuat user Administrator yang baru di Windows 10.
Apa itu Administrator?
Administrator adalah user yang memiliki kontrol penuh pada setiap aspek di sistem operasi Windows 10, seperti melakukan perubahan konfigurasi sistem, melakukan update, menginstall software baru, memodifikasi registry entry, dan masih banyak lagi.
Apa itu Standard user?
Standard user atau sering juga disebut user biasa adalah jenis user di Windows 10 dengan akses yang terbatas. Standard user tidak bisa mengubah konfigurasi di level sistem maupun menginstall software baru.
Standar user hanya bisa menjalankan software yang sudah terinstal dan mengubah pengaturan yang tidak berdampak pada user lain (seperti mengganti background, warna taskbar, efek animasi).
Saat Anda membuat user baru baik itu local user atau menggunakan akun Microsoft, secara default akan menjadi standard user.
Daftar isi
Cara membuat user Administrator di Windows 10
1. Masuk ke menu Settings Windows 10
Langkah pertama klik pada tombol Windows kemudian klik Settings (icon gear).
2. Pilih menu Accounts
Setelah masuk ke jendela Settings temukan dan klik pada menu Accounts.

3. Pilih menu Family & other users
Pada tab sebelah kiri Anda klik pada menu Family & other users.
4. Klik pada tombol Add someone else to this PC
Selanjutnya klik pada tombol Add someone else to this PC.

5. Masukkan email Microsoft jika ada atau skip jika tidak ada
Jendela pembuatan akun akan muncul. Jika Anda sudah memiliki email Microsoft (email yang digunakan untuk One Drive, Skype, Microsoft Office 365, Xbox) maka bisa memasukkannya ke kolom yang tersedia.
Jika belum punya maka pilih I don’t have this person’s sign-in information lalu klik tombol Next.

6. Masukkan email Anda tau buat email yang baru
Jika ingin menggunakan email yang sudah ada maka masukkan alamat email tersebut ke kolom yang tersedia (bisa email apa saja seperti gmail, yahoo)
atau jika Anda ingin membuat email baru (email outlook.com) maka pilih Get a new email address.
Pada tahap ini juga Anda akan menentukan apakah user baru akan dibuat sebagai local user atau menggunakan akun Microsoft. Jika ingin membuat user sebagai local user (tanpa email / akun Microsoft) maka pilih Add a user without a Microsoft account.
Setelah itu klik tombol Next.

7. Lengkapi data-data Anda
Langkah selanjutnya Anda akan diminta untuk melengkapi data seperti mengisi nama, tanggal lahir, username, dan password. Ikuti setiap tahapannya hingga selesai.
Mengubah user standard menjadi administrator
Setelah user baru berhasil dibuat, maka langkah selanjutnya adalah mengubahnya menjadi Administrator.
Setiap user baru yang dibuat di Windows 10 secara default akan berstatus sebagai standard user (user biasa), untuk membuatnya menjadi administrator kita harus mengubahnya terlebih dahulu.
Ikuti langkah-langkah berikut ini:
- Masuk ke menu Settings
- Pilih pada menu Accounts
- Klik pada menu Family & other users
- Tarik ke bawah hingga menemukan menu Other users
- Klik satu kali user yang baru dibuat
- Klik Change account type
- Pilih Administrator
- Klik OK

Sekarang user baru sudah berubah menjadi Administrator. Untuk menggunakannya maka Anda harus sign out dulu dari user yang sekarang dan login menggunakan user yang baru.
Caranya dengan klik pada tombol Windows > klik icon user > pilih Sign out.
Setelah itu pada jendela login screen perhatikan di bagian kiri bawah layar, di sana akan terlihat user yang baru Anda buat.
Pilih user tersebut kemudian login dengan memasukkan password yang sesuai.
Mengaktifkan administrator Windows 10
Pada saat menginstall Windows 10 maka akan ada satu user Administrator built-in (bawaan) yang dibuat secara otomatis. Anda tidak bisa menggunakannya karena Administrator ini tersembunyi. Agar bisa mengaksesnya maka kita harus mengaktifkannya terlebih dahulu.
Berikut ini adalah cara mengaktifkan administrator Windows 10:
- Klik tombol Windows lalu ketik cmd
- Pada menu yang muncul klik Run as administrator
- Pada Command Prompt ketik perintah: net user administrator /active:yes
- Tekan Enter
- Administrator tersembunyi sudah aktif
- Logout dari user yang sekarang
- Pada halaman login pilih Anda akan melihat user Administrator
- Login dengan user Administrator tersebut

Setelah berhasil mengaktifkan Administrator tersembunyi di Windows 10, Anda bisa menggunakannya untuk keperluan apa saja.
Administrator built-in ini punya keistimewaan atau privileges yang lebih besar dibandingkan dengan user Administrator lain – yang mana bisa juga menyebabkan masalah jika digunakan sembarangan.
Oleh karena itu disarankan Anda menonaktifkannya kembali setelah selesai digunakan.
Caranya:
- Buka CMD sebagai Administrator
- Ketik perintah: net user administrator /active:no
- Tekan Enter
- Anda akan melihat pesan The command completed successfully
- Administrator sudah behasil dinonaktifkan

Mengubah user Administrator menjadi user biasa
Satu komputer sebaiknya tidak memiliki lebih dari satu user administrator, terutama jika komputer dipakai oleh beberapa orang yang berbeda. Hal ini dikarenakan Administrator dapat membuat perubahan yang akan berdampak pada semua user yang ada.
Berikut ini cara mengubah user Administrator menjadi user biasa di Windows 10:
- Masuk ke Settings Windows 10
- Klik menu Accounts
- Klik pada tab Family & other users
- Scroll ke bawah hingga menemukan menu Other users
- Klik user yang ingin dijadikan user biasa
- Klik Change account type
- Pilih Standard
- Klik OK

Setelah user diubah kembali menjadi user biasa maka secara otomatis user tersebut akan dibatasi aksesnya untuk melakukan perubahan di level sistem, menginstall software baru, maupun mengubah setting komputer yang berdampak pada user lain.