Menggunakan Email di Windows 10 bisa dilakukan setidaknya melalui dua cara yaitu menggunakan aplikasi mail client atau menggunakan browser.
Apabila menggunakan mail client maka notifikasi email masuk akan muncul langsung di desktop, pada Windows 10 notifikasinya bisa Anda lihat pada panel Action Center yang ada di bagian kanan layar.
Pada kesempatan ini kita akan membahas cara menggunakan email dengan Mail yang merupakan aplikasi client bawaan dari Windows 10.
Daftar isi
Cara setting aplikasi email Windows 10
1. Buka aplikasi Mail di Windows 10
Pertama Anda buka aplikasi Mail melalui menu Start atau dengan mengetik “mail” pada Windows Search.

2. Pilih Add account untuk menambah email baru
Jika ini adalah pertama kali Anda menggunakan aplikasi mail maka pada saat aplikasi terbuka akan ada welcome page dengan tombol Add account. Klik pada tombol tersebut.

3. Pilih jenis email yang ingin digunakan
Jendela pop up akan muncul, pada tahap ini Anda akan diminta untuk memilih jenis email yang ingin digunakan.
Anda bisa menggunakan gmail, outlook, yahoo, dan jenis email lainnya. Klik pada email yang ingin Anda gunakan. Sebagai contoh misalnya Anda ingin menggunakan gmail, maka pilih Google.

4. Login dengan akun email Anda atau buat yang baru
Selanjutnya login email Anda jika sudah ada, namun jika ingin membuat akun baru maka pilih Create account.

5. Klik tombol Finish
Setelah berhasil login dengan akun email Anda, terakhir klik pada tombol Finish. Tunggu hingga proses sinkronisasi selesai.
6. Mulai gunakan Mail untuk mengirim dan menerima email
Email di Windows 10 sudah siap digunakan.
Cara menambahkan email perusahaan di Windows 10
Beberapa pengguna mungkin ingin menambahkan akun email dari perusahaan atau email dengan server milik sendiri. Menambahkan email custom seperti ini sedikit berbeda dengan menghubungkan email dari layanan dari Gmail, Outlook, atau Yahoo ke Windows 10.
Ikuti langkah-langkah berikut ini:
1. Buka aplikasi Mail
Langkah pertama buka aplikasi Mail di Windows 1 Anda.
2. Klik pada tombol Add account
Selanjutnya klik pada tombol Add account.
Apabila di aplikasi Mail sudah ada email lain maka klik menu Accounts > klik Add account.

3. Pilih Advanced setup
Pada pilihan layanan email pilih menu Advanced setup.
4. Pilih Internet email
Selanjutnya pada pilihan jenis email yang akan digunakan pilih Internet email.
5. Masukkan data-data email Anda
Pada tahap selanjutnya Anda akan diminta untuk mengisi data-data email Anda.
Berikut ini data-data yang harus Anda isi,
- Email address: ini adalah alamat email Anda, formatnya akan terlihat seperti nama@domain.com
- User name: ini adalah username dari email Anda, biasanya sama saja dengan email address
- Password: password email Anda
- Account name: ini adalah nama yang akan ditampilkan pada aplikasi Mail, bisa diisi bebas sesuai keinginan
- Send your messages using this name: merupakan nama Anda pada email, nantinya akan dijadikan nama yang ditampilkan pada email penerima
- Incoming email server: data ini bisa Anda dapatkan dari admin IT perusahaan tempat Anda bekerja, atau penyedia layanan email Anda. Incoming mail server bisa berupa POP atau IMAP. Biasanya formatnya seperti ini mail.domain.com
- Account type: merupakan pilihan jenis email yang akan digunakan apakah POP3 atau IMAP4
- Outgoing (SMTP) email server: data ini juga bisa Anda dapatkan dari admin IT perusahaan atau layanan yang Anda gunakan, formatnya akan terlihat seperti smpt.domain.com
Pada opsi centang yang ada di bagian paling bawah biarkan seperti default.
6. Klik tombol Sign-in
Setelah memastikan semua data-data terisi dengan benar, klik pada tombol Sign-in. Tunggu hingga proses sinkronisasi selesai.
Mengatur notifikasi email yang masuk
Setelah Anda menghubungkan email dengan aplikasi Mail yang ada di Windows 10 maka selanjutnya setiap kali ada email masuk Anda akan mendapatkan notifikasinya.
Notifikasi ini bisa diatur melalui menu Settings > System > Notifications & actions.
Perhatikan pada bagian Get notifications from the senders, untuk menghidupkan atau mematikan notifikasi email bisa dilakukan dengan menekan tombol pada aplikasi Mail.

Membuat signature pada email Anda
Ketika Anda mengirim email dari Windows 10 maka pada bagian bawah konten email bisa Anda isi dengan signature atau tanda tangan. Signature ini akan ditulis secara otomatis pada setiap email baru yang Anda buat.
Ikuti langkah-langkah berikut ini:
- Buka aplikasi Mail di Windows 10
- Klik pada tombol Settings
- Pilih Signature
- Pada bagian Select an account pilih akun email Anda
- Buat signature yang Anda inginkan, bisa berupa text, gambar, dan link
- Setelah selesai klik tombol Save
Melampirkan file (attachment)
Agar bisa mengirim file lewat email maka Anda harus melampirkan file tersebut ke dalam email. Seperti misalnya Anda harus mengirim file dokumen (word, excel, pdf) maka file tersebut harus dilampirkan.
Aplikasi Mail di Windows 10 juga mendukung fitur ini, Anda bisa mengirim file dengan format apa saja lewat Mail.
Ikuti langkah-langkah berikut ini:
- Buka aplikasi Mail
- Klik pada tombol New mail
- Tulis isi email Anda
- Klik menu Insert
- Pilih Files
- Pilih file yang ingin dikirim
- Setelah semua selesai klik tombol Send
Menambahkan lebih dari dua akun ke aplikasi Mail di Windows 10
Salah satu kelebihan menggunakan aplikasi Mail client di Windows 10 adalah kemampuannya yang bisa mengelola lebih dari satu akun.
Anda bisa menambahkan dua akun atau bahkan lebih ke dalam aplikasi Mail, nantinya semua inbox yang masuk bisa Anda lihat dari sana sehingga lebih memudahkan pekerjaan Anda.
Caranya dengan masuk ke Mail > klik menu Accounts di panel sebelah kiri > pilih Add an account > pilih jenis email > login > sinkronisasi > selesai.
Apabila Anda memiliki beberapa akun yang aktif digunakan, maka dengan cara ini akan terasa lebih mudah untuk memantau semua email masuk, sekaligus membalasnya dalam satu perangkat yang sama.