Salah satu masalah yang dialami pengguna Windows 10 adalah Start menu yang error dan tidak berfungsi.
Pada saat Anda klik Start menu akan selalu muncul pesan error yang berbunyi:
“Critical Error, Your Start menu isn’t working. We’ll try to fix it the next time you sign in“
Apabila Anda klik tombol Sign out now maka Windows akan sign out dan Anda harus login kembali untuk bisa kembali ke desktop.
Error ini sangat mengganggu sekali karena kita jadi tidak bisa mengakses menu dan program yang ada di Start menu. Apabila Anda juga mengalami masalah ini, maka berikut kami berikan beberapa solusi yang bisa dilakukan untuk mengatasinya.
Penyebab Critical Error, Your Start menu isn’t working di Windows 10
Error ini muncul karena file database pada direktori C:\Users\UserAnda\AppData\Local\TileDataLayer mengalami kerusakan atau korup. Untuk mengatasinya maka kita harus menggantinya dengan yang baru.
Cara mengatasi Critical Error, Your Start menu isn’t working
Langkah 1: Buat dua user baru
Langkah pertama kita harus membuat dua buah user baru. Mengapa harus dua? Karena kita akan copy database dari user baru ke user yang mengalami error, dan untuk copy-paste database ini tidak bisa dilakukan ke user yang sedang digunakan.
Oleh karena itulah kita membutuhkan dua user: satu sebagai sumber database, dan satu lagi untuk melakukan copy-paste database tersebut ke user yang mengalami error.
Silakan ikuti langkah-langkah pada tutorial ini untuk membuat user baru:
Cara membuat user baru di Windows 10
Catatan: user yang dibuat salah satunya harus user Administrator.
Langkah 2: Restart komputer
Setelah selesai membuat dua user baru yang salah satunya adalah administrator, lakukan reboot atau restart komputer Anda. Langkah ini wajib dilakukan agar bisa melakukan copy-paste database.
Langkah 3: Login ke akun Administrator yang baru dibuat
Setelah komputer menyala kembali, login ke akun Administrator yang baru dibuat. Dari sinilah nanti kita akan melakukan copy-paste database.
Langkah 4: Copy TileDataLayer database ke user Anda
Sebelum melakukan langkah yang ke-4 ini, kita akan melabeli akun yang ada agar lebih mudah.
- Akun 1: akun asli Anda, ini adalah akun yang mengalami error
- Akun 2: akun Administrator yang baru
- Akun 3: akun yang file database-nya akan di-copy
Setelah login menggunakan user Administrator yang baru dibuat (Akun 2), buka File Explorer kemudian atur opsi agar file Hidden ditampilkan, caranya dengan klik pada menu View > centang Hidden items.
Setelah itu masuk ke direktori berikut ini:
C:\Users\Akun 3\AppData\Local\TileDataLayer
Kemudian klik kanan pada folder Database > pilih Copy
Selanjutnya masuk ke direktori user asli Anda (user yang mengalami error):
C:\Users\Akun 1\AppData\Local\TileDataLayer
Di sana Anda akan melihat folder yang bernama Database.
Rename folder tersebut menjadi nama lain, misalnya Database.old
Setelah itu klik kanan pada area kosong > pilih Paste
Langkah 5: Restart komputer sekali lagi
Setelah Anda berhasil copy-paste database yang baru, Restart dulu komputer Anda.
Langkah 6: Login ke akun asli Anda
Setelah komputer menyala kembali, login ke akun asli Anda. Setelah masuk ke desktop coba klik tombol Start menu, lihat apakah sudah bisa berfungsi kembali.
Semoga bisa membantu, apabila masih mengalami kesulitan jangan sungkan untuk berkomentar di bawah.