Cara Menggunakan OneDrive di Windows 10

Menggunakan penyimpanan berbasis cloud adalah cara yang efisien untuk menyimpan data-data Anda. Saat kita menyimpan data di cloud pada satu perangkat, maka dengan mudah data tersebut bisa diakses pada perangkat lain tanpa repot-repot memindahkannya dengan flashdisk.

Di Windows 10 sudah tersedia layanan cloud gratis yang bisa Anda gunakan yaitu OneDrive. Anda bisa menyimpan data apa saja mulai dari dokumen pekerjaan, foto-foto, maupun file lainnya.

Apa itu OneDrive?

OneDrive adalah layanan penyimpanan berbasis cloud yang disediakan oleh Microsoft yang bisa digunakan untuk menyimpan dokumen, foto, video, dan file lainnya.

Pengguna bisa menyimpan file mereka ke OneDrive dan mengaksesnya pada perangkat lain yang terhubung, atau menggunakan browser.

Cara membuat akun OneDrive

Agar bisa menggunakan One Drive maka pengguna harus memiliki akun Microsoft terlebih dahulu. Setelah memiliki akun Microsoft maka Anda akan diberikan space gratis sebesar 5GB.

Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk membuat akun OneDrive:

1. Masuk ke situs Microsoft di sini: https://www.microsoft.com/id-id/

2. Klik pada tombol akun/login yang ada di menu bar kanan atas.

3. Klik pada pilihan Buatlah akun.

cara menggunakan onedrive 1

4. Klik pada menu Dapatkan alamat email baru.

cara menggunakan onedrive 2

5. Masukkan alamat email sesuai keinginan, setelah itu klik pada tombol Berikutnya.

cara menggunakan onedrive 3

6. Buat password untuk email Anda, usahakan password terdiri dari kombinasi huruf kecil dan kapital, angka, dan simbol. Setelah itu klik tombol Berikutnya.

cara menggunakan onedrive 4

7. Masukkan data-data Anda seperti nama lengkap, tanggal lahir, dan nomor telepon (apabila diminta). Setelah itu klik tombol Berikutnya.

8. Masukkan kode captcha yang muncul dilayar lalu klik tombol OK/Finish untuk membuat akun.

Cara install dan menggunakan OneDrive di Windows 10

Setelah memiliki akun Microsoft, Anda sudah bisa langsung menggunakan OneDrive melalui browser.

Buka browser Anda lalu masuk ke alamat berikut ini: https://onedrive.live.com/

Untuk menyimpan file dari komputer ke OneDrive caranya dengan klik tombol Upload lalu pilih file dari komputer yang ingin disimpan.

Untuk membuat folder baru klik tombol New.

cara menggunakan onedrive 5

Anda juga bisa menggunakan aplikasi Office 365 secara gratis jika sudah memiliki akun OneDrive, caranya klik pada tombol menu di pojok kiri atas lalu pilih aplikasi yang ingin digunakan.

cara menggunakan onedrive 6

Untuk menginstall OneDrive ke Windows 10 ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Klik pada tombol Windows lalu ketik: onedrive

2. Pada menu yang muncul pilih aplikasi OneDrive App.

cara menggunakan onedrive 7

catatan: aplikasi One Drive sudah terinstall secara default pada Windows 10 sebagai aplikasi bawaan.

Apabila Anda menggunakan versi Windows lain seperti Windows 7 atau Windows 8 maka download dulu aplikasi desktop dari sini: https://www.microsoft.com/en-us/microsoft-365/onedrive/download

3. Pada jendela Setup One Drive Anda akan diminta untuk login menggunakan akun Microsoft, masukkan email Anda pada kolom yang tersedia lalu klik pada tombol Sign in.

cara menggunakan onedrive 8

4. Masukkan alamat email Microsoft yang tadi sudah dibuat beserta passwordnya, lalu klik Sign in.

5. Lanjutkan prosesnya dengan menekan tombol Yes / Next hingga selesai.

6. Setelah selesai, buka Windows Explorer, folder OneDrive akan terlihat di bawah panel Quick Access.

7. Untuk memasukkan file ke OneDrive caranya cukup dengan copy-paste atau drag-drop file yang ingin disimpan ke folder OneDrive.

Menambahkan dua akun OneDrive atau lebih dalam satu komputer

Apabila Anda memiliki satu akun gratis maka space gratis yang akan diberikan oleh Microsoft adalah 5GB, jika dirasa kurang Anda bisa membuat beberapa akun lagi.

Anda bisa menambahkan beberapa akun sekaligus dalam satu komputer, misalnya memiliki dua akun maka space gratis yang akan didapat menjadi 10GB.

Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk menggunakan dua akun OneDrive dalam satu komputer:

1. Buat akun Microsoft kedua dengan langkah-langkah yang sudah dijelaskan di atas.

2. Masuk ke desktop kemudian klik pada icon OneDrive yang ada di tray icon area.

3. Klik tombol Help & Settings > lalu klik Settings.

4. Pada jendela Settings klik tab Account > lalu klik lagi tombol Add an account.

5. Anda akan dibawah pada jendela Set up OneDrive, masukkan email kedua Anda lalu klik tombol Sign in.

6. Lanjutkan proses sign in seperti biasa hingga selesai.

7. Setelah selesai Anda akan melihat folder OneDrive kedua di Windows Explorer dan sudah bisa menyimpan file ke dalamnya.

Ulangi langkah-langkah di atas jika ingin menambahkan akun lain.

Selamat mencoba.

Leave a Comment