Aplikasi BIP Messenger

BIP Messenger merupakan salah satu aplikasi chatting yang mengalami peningkatan jumlah pengguna pesat semenjak adanya pembaruan kebijakan privasi oleh WhatsApp. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas apa itu BIP, bagaimana cara daftar dan menggunakannya, serta apa saja kelebihannya dibandingkan aplikasi pesan singkat yang lain.

Apa itu BIP Messenger?

BIP Messenger adalah aplikasi pesan singkat gratis yang dikembangkan oleh Turkcell untuk perangkat smartphone dan tablet. Aplikasi ini bisa digunakan untuk mengirim pesan singkat berupa text, pesan suara, foto, video, melakukan panggilan suara dan video call. Saat ini BIP sudah tersedia di Play Store, App Store, dan Huawei AppGallery.

Dari mana BIP berasal?

Aplikasi BIP Messenger berasal dari Turki. Aplikasi ini dibuat oleh Turkcell yang merupakan salah satu perusahaan operator seluler terkemuka yang berbasis di Istanbul, Turki.

Cara daftar dan menggunakan aplikasi BIP Messenger

1. Download dan install aplikasi BIP

aplikasi bip messenger 4

Langkah pertama Anda download dulu aplikasi BIP. Untuk pengguna Smartphone Android bisa mendapatkannya dari Play Store dan untuk pengguna iOS silakan download dari App Store

Download BIP: Android | iOS

2. Buka aplikasi BIP

Setelah selesai download dan install, buka aplikasinya di hp Anda.

3. Tap pada tombol Continue

Setelah aplikasi terbuka, pada halaman pertama Anda tap pada tombol Continue.

aplikasi bip messenger 1

4. Beri izin aplikasi BIP untuk melakukan panggilan dan SMS

Selanjutnya aplikasi BIP akan meminta izin untuk melakukan panggilan dan SMS di HP Anda. Klik tombol Allow.

aplikasi bip messenger 2

5. Masukkan nomor HP

Selanjutnya masukkan nomor HP pada kolom yang tersedia. Anda harus menggunakan nomor yang aktif karena nanti akan ada kode verivikasi lewat SMS yang akan dikirimkan oleh BIP. Setelah selesai tap pada tombol Get verivication code.

aplikasi bip messenger 3

6. Masukkan kode verifikasi

Tunggu sebentar hingga kode verifikasi masuk, setelah itu masukkan kode pada kolom yang tersedia. Apabila nomor berada pada HP yang sama maka kode akan otomatis masuk ke aplikasi BIP.

7. Buat nama dan foto profile

Selanjutnya Anda diminta untuk mengisi nama profil dan memasang foto. Silakan gunakan nama profil dan foto sesuai keinginan. Lanjutkan langkah-langkahnya seperti biasa hingga selesai.

8. Mulai chat menggunakan BIP

Setelah selesai daftar BIP Anda akan masuk ke tampilan utama. Aplikasi BIP akan melakukan sinkronisasi otomatis apabila ada kontak-kontak di HP Anda yang juga menggunakan aplikasi chatting ini. Tap pada menu Contact untuk melihat teman-teman yang menggunakan BIP dan Anda bisa mulai melakukan chatting.

Seperti aplikasi pesan singkat lainnya, BIP bisa digunakan untuk mengirim pesan teks, foto, video, voice note, dan file lainnya. Anda juga bisa melakukan panggilan suara dan video call dengan mudah, selama koneksi lancar maka kualitas telepon BIP ini juga cukup bagus.

Kelebihan BIP Messenger

Salah satu kelebihan yang ditawarkan BIP adalah keamanan data dan privasi pengguna, setidaknya inilah yang menjadi daya tarik aplikasi ini sehingga banyak yang melakukan migrasi. Selain itu BIP juga memiliki beberapa fitur unik yang menjadi kelebihan tersendiri bagi aplikasi ini.

Kelebihan BIP:

1. Chat dengan kontak yang belum menggunakan BIP

Pada saat Anda menggunakan BIP dan ingin mengirim pesan ke kontak yang belum menginstall aplikasi BIP maka pesan akan dikirimkan via SMS tanpa dikenakan biaya alias gratis.

2. Translate pesan ke bahasa lain

Apabila Anda mengirim pesan dalam bahasa Indoensia ke kontak yang menggunakan bahasa Turki misalnya, maka pesan tersebut bisa secara otomatis diterjemahkan ke bahasa Turki pada HP penerima.

3. Menggunakan dua nomor

Aplikasi ini juga memungkinkan untuk pengguna yang punya dua nomor untuk menggunakan BIP tanpa harus menginstallnya di HP yang terpisah.

4. Game

Ini adalah salah satu fitur unik yang ada di BIP, di dalam aplikasi ini terdapat beberapa permainan sederhana yang bisa dimainkan.

5. Fitur transfer uang

BIP juga bisa digunakan untuk transfer uang, pengembang aplikasi mengklaim kalau fitur ini sangat aman.

Bagaimana? apakah Anda tertarik untuk mulai menggunakan BIP? Ceritakan pendapat Anda di kolom komentar ya.

2 thoughts on “Aplikasi BIP Messenger”

Leave a Comment